Halaman

Sabtu, 18 Mei 2013

Manfaat Gula Merah



Gula pasir diketahui sebagai penemuan bangsa China, sehingga sebelum abad ke-19, masyarakat India tak mengenal produk ini. Itulah sebabnya gula pasir disebut ‘chini’ oleh masyarakat India. Sebelumnya mereka menggunakan gula merah sebagai pemanis makanan dan minuman.
Faktanya, gula merah ternyata memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak dari pada gula pasir. Teksturnya yang kasar dan tak mudah larut membuatnya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin tetap sehat.

Apa saja manfaat gula merah untuk kesehatan?
Mendinginkan perut. Menggunakan gula merah sebagai pemanis minuman akan membantu mendinginkan perut. Apalagi bila Anda mengkonsumsinya di musim panas bersama dengan air kelapa muda.
Rileks. Pada gula merah terdapat kandungan selenium yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat melemaskan saraf Anda. Meminumnya di malam hari bisa membantu membuat tidur Anda nyenyak.
Baik untuk diet. Gula merah memiliki kandungan kalori lebih sedikit dibanding gula biasa. Gula pasir biasa bentuk glukosanya sederhana sehingga gampang dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan gula merah, glukosanya solid dan sulit dicerna. Ini baik untuk diet Anda.
Zat besi. Gula merah memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan wanita, untuk mencegah terjadinya anemia atau kurang darah.
Melawan kanker. Percaya atau tidak, dalam gula merah terdapat antioksidan yang membantu melawan kanker, dan penuaan dini.
Makanan usai melahirkan. Di India, wanita yang usai melahirkan biasanya mengkonsumsi gula merah sebab ia banyak memberi energi untuk pemulihan tenaga. Selain itu juga gula merah mencegah terjadinya pembekuan darah.
Menghilangkan kram. Selenium pada gula merah membuatnya mampu membantu menghilangkan kram dan nyeri saat menstruasi.

Sumber : Smart 'O Blog