Halaman

Senin, 22 April 2013

Pendidikan Anak- Menakut-nakuti anak

Sudah menjadi pemandangan dalam dunia orang tua dan anak, orang tua menggunakan senjata “Menakut-nakuti” anak untuk menuruti apa yang dia inginkan, seumpama kalau anak tidak mau makan maka dia akan berkata “kalau nggak mau makan nanti mama panggilkan polisi Lho” (Tembak saja anak ini pak polisi kalau tidak mau makan)  atau dengan kalimat “kalau ngga mau pake baju nanti saya panggil bu’ dokter untuk nyuntik”.
Bahkan sering didengarkan anak-anak berkata “kalau nggak mau nurut nanti kamu dibawa ke Nene Pakande" Nenek Pakande adalah Legenda Orang Tua Pemakan Anak Kecil yang sering di dongengkan oleh sang nenek kepada cucunya.
Apa akibat dari semua itu????
Mental sang anak akan rusak, karena tertanam dalam benaknya bahwa polisi itu jahat atau dokter itu tidak baik bahkan dalm benaknya ada nenek-nenek yang suka makan anak kecil, mereka pun takut ketemu dengan polisi, dating berobat sama dokter atau lari ketakutan jika melihat orang tua yang tidak dia kenal.
Sebaiknya orang tua memjelaskan kepada anak-anaknya sesuatu seperti dia menjelaskannya kepada orang dewasa karena pada hakekatnya anak kecil itu sama saja dengan orang dewasa untuk agar mental anak-anak lebih baik dan menghasilkan generasi-generasi yang cerdas