Halaman

Jumat, 05 April 2013

Pensil UN Jangan Sepelekan




1. Gunakan Alas LJ
Meja yang tidak rata menyebabkan rasa tidak nyaman saat menghitamkan bulatan jawaban pada U. Yang lebih fatal lagi, LJ bisa berlubang. LJ yang berlubang tidak terbaca scanner. Untuk mengantisipasi meja yang tidak rata, gunakan alas LJ LYRA. Alas LJ ini sangat bagus karena dibuat dari bahan polypropelene.

2. Pakailah Pengggaris UN yang Bermal
Usahakan mengisi (menghitamkan bulatan) setebal mungkin pada LJ, tetapi Jangan sampai keluar batas. Bulatan yang terisi tidak tebal mengakibatkan tidak terbaca oleh scanner. Sementara itu, walaupun bulatan sudah tebal, tetapi keluar dari batas, akan terbaca ganda. Dua hal tersebut akibatnya sama, jawaban dianggap salah. Untuk itu, gunakan peng­garis khusus UN yang memiliki mal untuk mengisi LJ.

3. Pilihlah Karet Penghapus yang Bermutu
Menghapus bulatan jawaban secara tidak sempurna akan meninggalkan bekas. Bekas ini kadang terbaca oleh scanner sehingga oleh scanner dianggap ada dua jawaban. Menghapus terlalu sering, apalagi dengan karet penghapus yang tidak berkualitas, bisa mengakibatkan LJ sobek. Jika ini terjadi, scanner tidak bisa memba­canya. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan karet penghapus UN khusus LYRA.

4. Pastikan Pensil 2B-mu Bermutu dan Standar UN
Pilihlah pensil 2B yang telah lulus uji scan. Mengapa demikian? Banyak pensil berlabel 2B yang beredar di pasaran ternyata isinya bukan 2B. Ada yang isinya terlalu keras dan ada yang terlalu lunak. Pensil yang terlalu keras menjadikan isian pada LJ kurang hitam sehingga scannertidak bisa membacanya. Sebaliknya pensil yang isinya terlalu lunak, sering menghasilkan reside. Reside ini akan mengoton LJ yang memungkinkan terbaca ganda oleh pemindai (scanner). Yang tidak kalah penting dari itu, pilihlah pensil yang nyaman dipakai. Menurut penelitian, pensil berpenampang segitiga lebih nyaman dipakai daripada yang berpenampang segi enam. (bukan promo yaaa)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya